ALLAH TIDAK PERNAH MENGUJI KITA

Allah Tidak Pernah Menguji Kita, Melainkan Sesuatu yang Kita Anggap Ujian adalah Sebuah Nikmat yang Belum Terlihat. (Mahmud Basuki)

KOMENTAR

Komentar Anda Secara Tidak Disadari Telah Mengomentari Anda. So, Berkomentarlah yang Baik-baik. (Mahmud Basuki)

SEMANGAT BABAT ALAS

Tuntaskan Amanat, Memaksimalkan Prioritas Utama - QS. Al-Anfal: 27

TETAP BERDO'A LALU BERUSAHA

Ya Allah ketika kami berbaik sangka dengan orang lain, maka baikkanlah prasangka itu sesuai prasangka baik kami ya Allah, jauhkan dari ketidak sesuaian prasangka baik kami. (Mahmud Basuki)

Selasa, 27 Desember 2011

Hai Akhwat... Aku Ikhwan loh

Hai Akhwat... Aku Ikhwan loh, dalam benak si wanita itu pun bergumam "oh iya ya? kebetulan aku akhwat beneran loh.."
Menarik bukan andai buku dengan judul "Hai Akhwat... Aku Ikhwan loh"  ini mulai terbit di toko-toko buku. Apakah anda termasuk orang yang berkeinginan untuk memiliki buku tersebut? Hmm... mau?
Namun, sayang buku tersebut belum dapat diprediksi kapan akan terbit.

Kamu adalah Aktifis Practice

Kata aktifis nampaknya akrab sekali dengan dunia kampus, dibawah ini klasifikasinya:

Aktifis Practice:
1. Baik dalam melaksanakan tugas
2. Memberikan contoh (tauladan) yang baik dalam melaksanakan tugas
3. Kompeten dan pasti dalam kerja-kerja praktis
4. Melaksanakan dan menghormati konsep orang lain
5. Canggih dalam konsep dengan asas "pengalaman" yang ia dapatkan (bukan hanya ngomong doang)

Aktifis Konsep:
1. Kompeten dalam hal-hal konsep 
2. Aktifis semacam ini sangat fulgar dalam mengatur hak-hak orang, merasa profesional dalam penanganan masalah dan berkepentingan sangat tinggi untuk mencapai apa yang telah dikonsep. Sehingga dalam kenyataannya aktifis semacam ini tidak jarang untuk sering meremehkan atas apa yang terjadi pada orang lain.3. Orang-orang pengkonsep semacam ini sangat jomplang dalam hal penilaian antara konsep yang dibuat dengan realisasi yang diharapkan umat. Lebih parahnya konsep yang dibuatnya sendiri tidak dapat ia REALISASIKAN alias di langgar sendiri olehnya !!!
4. Konseptor semacam ini sangat mustahil untuk menjalankan konsep orang lain. Bahkan cenderung mencerca/ menghina dari konsepan yang tidak satu ide dengannya.

Aktifis Memble
1. Pelaksanaan tugas kurang maksimal
2. Biasa-biasa aja, kontribusi yang minimalis dan loyo
3. Komitmen yang menjadi banyak pertanyaan
4. Protes yang tidak punya alasan, padahal dia menerima atas konsep yang akan dilaksanakan
5. Sama sekali sulit untuk di mengerti
6. Gak jelas, banyak alasan dan ngeyel yang tidak punya arah yang jelas

Wallahu a'lam

Jumat, 11 November 2011

MUROOJA'AH

Juz 26
46. Al-ahqaaf
47. Muhammad
48. Al-Fath
49. Al-Hujuraat
50. Qaaf
51. Az-Zariyaat

Juz 27
52. At-Tuur
53. An-Najm
54. Al-Qomar
55. Ar-Rahmaan
56. Al-Waqiah
57. Al-Hadiid

Juz 28
58. Al-Mujaadalah
59. Al-Hasyr
60. Al-Mumtahanah
61. As-Shaff
62. Al-Jumuah
63. Al-Munaafiquun
64. At-Tagaabuun
65. At-Talaaq
66. At-Tahriim

^_^ Proses
^_^ Bertahan

Rabu, 28 September 2011

PROKER FORMALIN

Forum Mahasiswa Peduli Nusa Serasan Sungai Lilin di sah kan pada tanggal 27 Agustus 2011. Dan mengadakan rapat pada tanggal 04 September 2011, dan menyepakati beberapa program kerja yang akan dilaksanakan pada ramadhan tahun 2012, diantaranya yaitu:
A.     Program Kerja Jangka Pendek Tahun 2012
1.      Menjadi panitia pelaksanaan upacara 17 Agustus 2012.
2.      Mengadakan lomba agustusan.
3.      Mengadakan safari ramadhan.
4.      Menjadi panitia ‘amil zakat.
5.      Lomba syawalan.
6.      Tabligh akbar (seminggu sebelum lebaran).
B.     Program Kerja Jangka Panjang Tahun 2012
1.      Mengadakan seminar tentang narkoba.
2.      Penyuluhan tentang potensi mahasiswa/i pada bidang tertentu (misal petanian).
C.     Wajib
1.      Transfer jama’i (dihitung dari bulan oktober @Rp. 10.000,- /bulan)
      Transfer jama'i dikirimkan ke rekening FORMALIN yang diamanahkan ke Bendahara Umum. (rekening dalam proses). Berikut jadwal transfer :
      a. Tanggal 01-20 Maret 2012 sebesar Rp. 60.000,-
      b. Tanggal 01-20 September 2012 sebesar Rp. 60.000,-
           wajib bagi setiap anggota FORMALIN.
2.      Web Formalin ± empat bulan dari di adakannya rapat pada 04 September 2012 (PJ Septian Hadi Saputra).
Kesimpulan
Hasil rapat yang diselenggarakan tanggal 04 September 2011 ,memutuskan bahwa program kerja akan dilaksanakan pada ramadhan 2012 tepatnya saat libur semester, di desa Nusa Serasan. Anggaran yang digunakan untuk terselenggaranya program kerja tersebut diambil dari kas FORMALIN. Hasil rapat ini juga menyimpulkan tentang tugas pembagian panitia, diharapkan panitia sudah menyelesaikan tugasnya masing-masing sebelum tujuh hari pelaksaan acara 17 Agustus 2012/ ramadhan 2012.

Senin, 19 September 2011

Jangan Salahkan Yang Lain

Seandainya seekor kuda terperosok di sebuah jalan, maka aku menganggap dirikulah yang harus bertanggung jawab, mengapa saya tidak meratakan jalan untuk kuda itu,Umar Bin Khattab
"Utamakan koreksi diri, jangan segera salahkan yang lain" sebuah motivasi tersendiri kawan,  banyak hal yang sering luput dalam hidup ini. Sehingga kita yang harus tidak terperosok akan menjadi buruk bila tindakan-tindakan selalu terlibat dengan keadaan lain tanpa kita utamakan melihat sosok pribadi kita terlebih dulu. Ketika terdapat kesalahan spontan berfikir "oh ini pasti gara-gara dia tidak nurut omongan saya".

Minggu, 18 September 2011

Kamu Harus Tahu Mas Ikhwan

Untukmu Lelaki Kader Dakwah :
"Jika kau ungkapkan perasaanmu kepada akhwat, namun ia semakin menjauh dan enggan berinteraksi lagi denganmu"
Perlu diketahui akhwat tipe seperti ini sangatlah sensitif atas keadaan dan jauh lebih peka terhadap dakwahnya.
Jawaban diatas bisa dikategorikan :
(1) Akhwat tersebut merasa "BELUM DAPAT MENJAGA HIJABNYA" sehingga masih ada lelaki yang berani mengungkapkan perasaan cinta. Dan merasa risi dengan keadaan itu meskipun akhwat tersebut memiliki perasaan yang sama.
(2) Akhwat tersebut merasa terharu sehingga ia harus menghindar agar tidak semakin menjadi-jadi.
(3) Akhwat tersebut benar-benar tiada perasaan terhadap Anda.
(4) Akhwat tersebut sudah memiliki suami.

Kamis, 14 Juli 2011

Sebuah Dialog Selepas Malam

“AKHI, dulu ana merasa semangat saat aktif dalam dakwah. Tapi belakangan rasanya semakin hambar. Ukhuwah makin kering. Bahkan ana melihat temyata ikhwah banyak pula yang aneh-aneh." Begitu keluh kesah seorang mad'u kepada murabbinya di suatu malam.


Sang murabbi hanya terdiam, mencoba terus menggali semua kecamuk dalam diri mad'unya. "Lalu, apa yang ingin antum lakukan setelah merasakan semua itu?" sahut sang murabbi setelah sesaat termenung.


“Ana ingin berhenti saja, keluar dari tarbiyah ini. Ana kecewa dengan perilaku beberapa ikhwah yang justru tidak islami. Juga dengan organisasi dakwah yang ana geluti; kaku dan sering mematikan potensi anggota-anggotanya. Bila begini terus, ana mendingan sendiri saja..." jawab mad'u itu.

Senin, 04 Juli 2011

Waktu

Waktu terasa sempit bila banyak kemanfaatan
Waktu akan panjang bila bimbang dalam suatu tindakan
Si angin tak jelas terbang, tapi dapat menumbangkan
Layaknya waktu yang tiada jelas penempatan

Pengandaian

Jangan berkata "Andai" bila sudah terjadi, membandingkan dengan hal yang tidak terjadi, sesungguhnya pengandaianmu itu menyempitkan ruang gerak pikiranmu. Lihat kedepan optimalkan kinerja.

Kamis, 23 Juni 2011

Cintaku Tidak Mampu Menghinakan Diriku

Adapun orang-orang yang mulia cintanya, maka sebagaimana dinyatakan oleh Ibnu Mu'taz "Meski hatiku rindu padamu, namun cintaku tidak mampu menghinakan diriku"
Hari gini PACARAN!! wah mikirin yang lainnya aja buanyak. Kalkulusnya aja gak kopen dan gak telaten, malah cabut cari penghibur diri... heheg gak banget deh. Nelfon Ortu aja jarang, apalagi ampe telfon2an se-jam dua-jam yang arahnya menuju pada hal-hal yang sensitif. "halah pelit dengan pulsa" Bukannya gak punya pulsa bos, tapai bukan aku banget yang kayak gitu. Maklumlah uda berfikir kritis dan mulai mendewasakan diri. "Aduh lelek uda kena virus ngaji kali ya?" oh bener banget tuh, apalagi aku bukan jadi orang yang ngaji sekedar ngaji, tapi aku super hero yang berusaha tau aplikasi dari ngaji tersebut. Pasti pembaca juga pengen gitu tohh.. Piye carane? Cari murobbi handal, diskusi-diskusi dan diskusi dan sebelumnya ngaji dulu sema'an. Ono MC ne dll ya dibikin seunik mungkin.

Rabu, 15 Juni 2011

Pengajian PKS Digerebek


Mencuatnya kasus isu NII (Negara Islam Indonesia) dan pengusung Ideologi Khilafah, membuat masyarakat phobia dengan berbagai pengajian Islam. Hal inilah yang menjadikan beberapa masyarakat semakin waspadah terhadap orang-orang yang melakukan pengajian Islam.

Selasa, 14 Juni 2011

Imam Syafi'i

"Semua manusia adalah mati, kecuali yang berilmu, semua yang beilmu terlelap kecuali yang beramal, yang beramal tertipu kecuali yang ikhlas dalam amalnya." Imam Syafi'i

Minggu, 12 Juni 2011

KU KAN SETIA

Sebuah Renungan,buat para calon suami….calon istri jg boleh baca..! Kisah nyata yang bagus sekali untuk contoh kita semua yang saya dapat dari millis sebelah (kisah ini pernah ditayangkan di MetroTV). Semoga kita dapat mengambil pelajaran.

Ini cerita Nyata, beliau adalah Bp. Eko Pratomo Suyatno, Direktur Fortis Asset Management yg sangat terkenal di kalangan Pasar Modal dan Investment, beliau juga sangat sukses dlm memajukan industri Reksadana di Indonesia.Apa yg diutarakan beliau adalah Sangat Benar sekali.Silahkan baca dan dihayati.

Dilihat dari usianya beliau sudah tidak muda lagi, usia yg sudah senja bahkan sudah mendekati malam, Pak Suyatno 58 tahun kesehariannya diisi dengan merawat istrinya yang sakit istrinya juga sudah tua. Mereka menikah sudah lebih 32 tahun. Mereka dikarunia 4 orang anak.

Sabtu, 04 Juni 2011

ENAM BULAN LAGI AKU AKAN MENUTUP DIRI

Yah enam bulan lagi aku akan menutup diri, bisa gak ya? jadi orang akademis dan no terhadap duniaku sekarang. Pertimbangan butuh kematangan dan harus perlu dicoba sepertinya. Akun-akun sosial seperti facebook, twitter, blog buang semua.
Di lain hal aku berfikir, apakah akan lebih baik bila itu aku lakukan, dan berdiam diri seraya menikmati indahnya ciptaan tuhan. Tanpa memikirkan orang lain lagi.

Haha kenapa aku jadi berjiwa mental lembek kayak tahu goreng gini. Hanya gara-gara si Dia yang mungkin aku idamkan. Aku butuh training lagi, aku butuh training lagi.. yang tentunya lebih dahsyat lagi.

Masalah enam bulan lagi atau pun kapan, SEKARANG pun aku juga bisa melakukannya!!! namun rasa-rasanya sulitnya minta ampun.

Rabu, 01 Juni 2011

KRUPUK KEMPLANG
Ada saatnya kau rasakan ini
Ada saatnya kau berbunga hadapi ini
Ada saatnya kau terusik akan hati ini
Ada saatnya kau mulai menghidari jiwa ini
Dan ada saatnya kelak kau sepi tak ada yang peduli
Ingat !!! jangan terlena dengan keajaiban ini
Kau menghindar sama saja kau mendekat
Kau lari sama saja kau minta dikejar
Kau menghilang tiada tampak oleh mata,
Mikroskop besar sudah kusiapkan pula

Dan akhirnya aku pun juga lelah berlari
Hingga sedikitpun aku tak peduli
Tak peduli sama sekali
Pergi jauh, hingga ada pengganti
Larilah sana...
Dan kembalilah dengan sendiri
Aku hanya pasrah dipangkuan Illahi
Perlu diketahui !! keterusikanmu bukan suatu yang ku sengaja dari diri
Tetaplah "terusik" bila masih ada Cinta pada diri
Jika tidak terusik lagi, " SELAMAT KAU TAK LAGI  DICINTAI  !!!"

ORGANIZE

1. Koordinasi
2. Komunikasi
3. Ilmu Lobi
4. Pandai Bermain Hati

Selasa, 31 Mei 2011

Benarkah Untukku (Aku)

Dalam keadaan yang cukup sulit bagiku untuk menggerakkan bahasa tubuhku terhadap aktivitas yang ada didepan mataku. Di lain sudut pandang aku harus membaur kepada mereka yang mungkin juga sudah paham akan interaksi antara lawan jenis. Aku paham itu namun masih belum sempurna dalam melaksanakan hal itu.


"Mereka merasa nyaman dekat denganku" itulah yang menjadi harapanku. Keunikankah ataukah kebobrokan moralku! Oh tidak ! sekali lagi tidak bisa dikatakan demikian atau memfonisku terhenti tak diberi kesempatan berbicara. Lagi-lagi aku katakan aku adalah aku adalah aku. Yang berusaha selalu dalam perbaikan dan tidak langsung jadi sesuai apa yang sudah menjadi karaktermu. Silahkan cintai aku dengan apa yang bisa kau lihat dari tingkahku yang mungkin dapat mempesonamu. Jika harus sama dengan harapanmu silahkan kau teriakkan sekuat suaramu bahwa kau bukanlah si pencemburu.

Sabtu, 28 Mei 2011

MAAFKAN AKU

MAAFKAN AKU

Minggu, 15 Mei 2011

Malam Jumat

Pemateri yang humoris bener-bener buat hati merasa nyaman. Layaknya Ust. Awan Abdullah asal Lampung itu. Sungguh ngena tausiahnya dari ba'da isya sampai larut malam, dengan bahasa yang sudah dibumbui dengan sedikit humor dan seabrek kisah pengalamannya.
Belajar dari orang GILA katanya. Kita juga bisa menjadi pribadi yang lebih baik, lebih solih ataupun solekha. Racikan kata-katanya itu sungguh membuatku penasaran tentang teknik dalam meraciknya dan dapat mengambil simpatik dari pendengarnya tentunya.
Pertama : orang gila gak pernah mandi, so kalau yang waras kalo pengen gak dibilang orang gila, kita mesti mandi, wangi, dan yang jelas gak bau tidak mengenakkan.
Kedua : orang gila rambutnya gak terurus, kumal, gak pernah disisir, gak pernah cukur rambut.
Sekarang yang merasa kayak gitu berarti orang gila dong? boleh jadi begitu.

Sabtu, 14 Mei 2011

Refreskan HATIKU

Rabu, 11 Mei 2011

Dia Perhatikanku

        Dahsyat kau kawan telah memberikan power tersendiri bagiku dan ini mempunyai nilai yang sungguh luar biasa. Sangat terharu sekali aku ketika kau menanyakan kabarku yang pada mulanya aku hanya meminta kau untuk melobikan dosen atas ketidakhadiranku karena keadaanku. Ternyata kau juga sempat menanyakan kabarku "uda baikan belum?". Kata itu Insya Allah akan menjadi penggerak sekaligus bahan bakar super power bagiku untuk membalas kebaikanmu itu kawan. Ya moga kelapangan padaku ini selalu istiqomah dalam keadaan dijalan-Nya.

Senin, 09 Mei 2011

Ikrar Pelajar Sejati + GUPRAK

Akulah pelajar sejati
Hidup untuk berprestasi, sampai ajal menjemput diri

Akulah pelajar sejati
Berjuang tak kenal henti, hingga menapaki istana surga nan abadi

Akulah pelajar sejati
Tekadku begini:
Daripada pikiran stres karena ujian, lebih baik lulus dengan nilai memuaskan
Daripada dapat nilai jelek karena nyontek, lebih baik dapat nilai tinggi karena usaha sendiri.
Yoi Emang gue pelajar sejati..

TTD;

jofunka

Dapet dari contentnya :
Fatan Fantastik & Deniz Dinamiz
JAN Trainer

Jumat, 06 Mei 2011

BAKSO VS HANDPHONE


My name is Mahmud Basuki, last year when I was still in Islamic Boarding School Of Assalam MUBA Palembang, I had a very funny experience.
One day after school, my friend (his name is Ade) and I were feeling hungry, so we decided to go to a food stall. However there was a situation, the previous day he had bought me lunch, so now was my turn to treat him. Before we went to the food stall we had a small conversation:
Ade     : Hey Mahmud, yesterday I treated you to lunch, so now it’s your turn to treat me.
Me       : It’s ok, by chance I have a lot of money to treat you.
Ade     : He he... today is my lucky day. By the way, what will we eat?
Me       : Hmm, yesterday you bought me Bakso, so I’ll buy Bakso for you too.
Ade     : Yes no problem, the important thing it’s nice.
Me       : Ok come on, please follow me to the Bakso food stall.
After this conversation we took our motorcycles from the parking area, and then we went to a Bakso food stall. After we arrived, we ordered two bowls of Bakso. After eating, we had a small conversation again between us:
Me       : “oh my God”!! (I scream loudly)
Ade     : What’s wrong Mahmud?
Me       : We have a big problem.
Ade     : What is it? (He asked anxiously).
Me       : My wallet is not with me, I forgot to bring it.
Ade     : What do you mean?
Me       : If I don’t have my wallet, it means I don’t have any money.

Kamis, 05 Mei 2011

Rabu, 04 Mei 2011

STOP MAKSIAT

Memang deh kalo kita gak pinter-pinter dalam beraktifitas yaumiyah dengan sesuatu kebaikan, eits apa tuh yaumiyah !!! yah katanya ikhwah! yaumiyah aja kagak tau, wah katro luh gak tau yaumiyah.  hehe becanda lo ane marahnya. Nih tak kasih tau arti dari yaumiyah yang gak salah adalah bahasa arab. Yaumiyah artinya keseharian, ya uda ya lanjut ya?
Oke lah sekarang kita kan udah merasa pada dewasa to? uda  gak mesti nunggu disuruh, peka terhadap problematika sekitar. Nah mulai SEKARANG juga ayo rutinitasmu penuhi dengan segala yang positif, tiada kata negatif yang muncul. Mau makan niatkan ibadah, mau mandi niatkan ibadah, mau eeg niatkan ibadah hehe.. Pasti bila berniatkan ibadah tanpa ada pamrih, so pasti hidupkmu akan terasa lapang.
Ngeluh tidak ! ngumpat tidak! ngerasanin orla juga tidak ! apalagi MAKSIAT! haha gak banget deh.. Naudzubillah semoga aku jau dari hal-hal berbau MAKSIAT itu!
"Mas maksiat sekali-kali gak papa mas" wah kata-kata yang harus ditepis dengan hati yang lapang nihh.. apalagi yang bilang lawan jenis kita... auu makin dahsyat aja nih cerita.

"Allahu akbar Allahu akbar, Allahu akbar Allahu akbar, Ashadu alla ilaa haillallah" ee adzan isya memanggil, udahan dulu ya ceritanya. Abang  mau ke masjid dulu nih.. SHOLAT GITU BOSS, mas dab, mbak dab dll.

Sabtu, 30 April 2011

JusT

Payungmu lindungiku dari hujan
Ukhuwahmu lindungiku dari kehinaan
Nikmat-nikmat itu bermunculan pada waktu yang tak terduga
Berkaca pada "spion" hanya tampak kedahsyatan yang luar biasa nikmat yang tak disangka. Andakah ini ?

Jumat, 29 April 2011

Menjadi Diriku

Album :
Munsyid : EdCoustic
http://liriknasyid.com
 

Tak seperti bintang di langit
Tak seperti indah pelangi
Karena diriku bukanlah mereka
Ku apa adanya

Dan wajahku memang begini
Sikapku jelas tak sempurna
Ku akui ku bukanlah mereka
Ku apa adanya

Hawa Panasmu, Panasmu Hawa

Hawa panasmu...
Pancarkan melelehkan hasratku...
Batu-batu besar keras...
Runtuh sekejab hasil jerih payah jemariku...
Meleburnya kamu kan semakin tampak tanpa tabir...
Panasmu Hawa...

Rabu, 27 April 2011

DI KEJAR POLISI

Lampu lalu lintas dalam keadaan akan berpindah menjadi merah, terasa silau rasanya dan sementara laju kendaraan motorku dalam kecepatan yang tidak pelan. Gelap tanpa cahaya itulah keadaan lampu lalu lintas yang terjadi. Bersama kendaraan motor yang lain, aku tetap melaju kencang dan bahkan semakin ku tekan putar handle gas motorku. Jarak antara pengendara dan aku kurang lebih 5 m, sama-sama menambah kecepatan. Pengendara yang lain itu tetap melaju tanpa ada halangan apapun. Angin yang begitu kencang menulikan sedikit pendengaranku. Tiba-tiba!!! bunyi peluit pun dilontarkan kepada saya. Polisi itu sambil meunjuk saya menginstruksikan untuk berhenti dihadapannya. Wah enak saja kau polisi main berhentiin orang seenaknya saja.

Dengan kecepatan yang tidak pelan malah semakin ku tancap gas motorku. Bertanya pada benakku, kenapa hanya saya yang disemprit. Jarak dengan teman sepengendaraanku saja berdekatan. Melihat didepanku masih melaju kencang, aku pun tetap konsisten dengan ketidaksalahanku dalam lalu lintas tadi.

Ku lirikkan mataku kesebelah kananku yaitu tepatnya pada kaca spion, ternyata terlukiskan gambar "seorang polisi yang sedang mengendarai motor". Wah baru kali ini spion sepeda motorku pandai melukis "polisi yang sedang mengendarai motor". Ada apa gerangan ini? Apa dia termasuk fans beratku? Apa dia  mengharapkanku dan menginginkanku? Cuek aku dengan lukisan kaca spionku itu. Sengaja ku tambah kecepatanku, loh kok polisi itu juga tetap mengikutiku. Dan ku keluarkan jurus handal "mahirnya aku berkendara" hingga kendaraan-kendaraan yang ada didepanku ku libas habis dan tak satupun ada yang berani mendahuluiku. Ternyata polisi itu juga mengeluarkan jurus andalannya juga.

MENJAGA ITU LEBIH BAIK


Astagfiruka ya Allah. .
Astagfiruka ya Allah. . .
Jika ada keburukan, pasti ada kebaikan. .
Jika ada kategori baik, tentunya ada kategori yang lebih baik, hingga pada tingkatan sempurna. .
Sudut pandang dari lubuk hatiku kau adalah seseorang yang baik. .
Semua sikap darimu membuatku semakin bertanya-tanya akan dirimu. .
Kesalehanmu mudah-mudahan bukanlah sekedar tipu daya belaka. .

Minggu, 03 April 2011

Akhwaalul Muslim Haazal Yaum

"Problematika muslim saat ini" itulah arti dari judul diatas.
Kata kunci : Software   - Hati dan pikiran pada diri manusia.
                   Hardware - Fisik manusia.
Sejenak saya diamkan aktivitas software dan hardware saya pada suasana yang cukup sunyi ini. Diam, diam, dan mulai berfikir. Software saya mulai merembah kepada hal-hal yang hebat, tangguh dan tak terkalahkan. Terasa tak mungkin aku bisa, namun dengan hati yang selalu menyapa sapaan dari pikiran akhirnya pun timbul rasa percaya diri. Dan apa yang terjadi? mulailah hardware adalah suatu solusi yang dapat mengaplikasikannya apa yang dicanangkan oleh software.
Raga yang lesu, otot-otot yang belum menguat, sangat hebat sekali tiba-tiba semuanya itu menjadi tangguh dan kokoh siap berimplementasi menuntaskan angan-angan dari software.

Senin, 28 Maret 2011

Mengapa Dosa Tak Lelah Menemaniku?

Bermuara pada suatu ikatan yang bersemi dan cukup bagiku untuk menyimpannya didalam suatu tempat yang teramat dalam. Daun-daun dipepohonan dengan suka relanya mereka menulis akan kisah yang ku alami. Tarbiyah yang telah ku lalui pun menguatkan iman pada diri pribadi. Sibuknya diri seakan lupa akan suatu hal yang mungkin berlumurkan dosa. Mulai mentarbiyah diri dan mentarbiyah siapa pun yang dihidangkan padaku seakan menambah kokohnya ragaku dan software pada diriku. Suatu contoh bagi orang-orang yang akan ku samakan dengan pemikiranku.

JADI IKHWAN JANGAN CENGENG

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Ngeliat ikhwan-ikhwan yang lain deket banget sama akhwat mau ikutan..
Hidup jadi kayak sendirian di tengah hutan rambutan..
Mau ikutan tapi udah tau kayak gitu nggak boleh.. tau dari pengajian..
Kepala cenat-cenut kebingungan..
Oh kasihan.. Mendingan cacingan..

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Status facebook tiap menit ganti..
Isinya tentang isi hati..
Buka-bukaan ngincer si wati..
Nunjukkin diri kalau lagi patah hati..
Minta komen buat dikuatin biar gak mati bunuh diri..
Duh duh.. status kok bikin ruhiyah mati..
Dikemanakan materi yang ustadz sampaikan tadi?

Jumat, 25 Maret 2011




email-ku:
jofunka@gmail.com

Jl. Palembang - Jambi KM. 121 Nusa Serasan Sungai Lilin Musi Banyuasin Sumatera Selatan 30755


Beranda



Senin, 21 Maret 2011

Peluang Menjadi Entrepreur

Mengikuti workshop yang berkenaan dengan entrepreneur, apakah akan menjadikan kita sesuai dengan apa yang kita inginkan? yaitu menjadi seorang pengusaha yang sukses dalam usaha yang digeluti. Jawabannya adalah pasti "YA"... dan kita harus yakin itu. Bagaimana kalau kita kelak tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Selalu gagal setiap merintis usaha, ataupun usaha kita tidak maksimal. Jawabannya TIDAK MUNGKIN!!! Buanglah rasa kegagalan itu, sebab jika kita memikirkan sebuah kegagalan hingga mendalam, maka kita akan selalu takut untuk memulai sebuah usaha tersebut. Yakinlah untuk berhasil, yakinlah untuk sukses, yakinlah kita jauh dari kegagalan. Namun jika hal yan Anda takutkan itu terjadi dan kegagalan itu menimpa pada Anda, maka selamat sebentar lagi Anda akan dihampiri oleh sebuah kesuksesan yang besar. Ingatlah bahwa pikiran Anda adalah doa yang mustajab.

Rabu, 16 Maret 2011

Derajatku Menurun Bisa Dilihat Dari Helmku

Tepat pada tanggal 25 januari 2009 kupijakkan ragaku dibumi Jogja. Sambutan hangat sapa dari sebuah terminal di Jogja yaitu Jombor. Malam yang sunyi menemaniku duduk lebih dari satu jam menunggu akan jemputan seorang teman. Jenuh, riuh pun kurasakan pada malam yang pada saat itu aku butuh istirahat. Tak lama kemudian jemputan pun datang dan kulepaskan kelelahan itu saat ku tiba di sebuah rumah yang tak lain adalah payung hidup dari panasnya matahari dan air hujan. Itulah sekilas cerita permulaanku di bumi JOGJA.

Selasa, 08 Maret 2011

PEJUANG SEJATI

Oleh : Mahmud Basuki
Wahai pejuang,
Akankah kau tahu dunia membutuhkanmu
Datanglah,
Dunia kan menyambut tekadmu
Dunia kan membantumu sesuai dengan perjuanganmu, keringatmu dan keikhlasanmu

Dinegerimu, kau bukanlah sampah
Anjing penjilat noda yang berefek pada pejuang lain tak betah

kau bukanlah si bedebah
hilir mudik selalu berpindah, bak angin yang tanpa arah
tapi kau pejuang yang selalu istiqomah
pemegang amanah dakwah


kau pejuang jadian yang misterius
laksana pedang yang terhunus
siap menembus, tembok-tembok berpondasi “Gayus”

Kamis, 24 Februari 2011

Berapa Hargamu, Nona?

Oleh: Pinta Astuti pada 19 Januari 2011 jam 17:31 via note efbi
Cerita ini saya dapatkan disini
Pada suatu hari terdapatlah orang yang sangat sempurna didunia, dalam arti: kaya, tampan, pintar, bijaksana, juga baik hati, bernama Sulaiman.
Datanglah ia kesebuah toko eksentrik yang sering dibicarakan teman-teman, bersama putrinya.
Sesampainya disana, ia agak terkejut mendapati bahwa setiap benda yang dijual disusun dalam lima baris dan hanya itu, tidak lebih. Maka datanglah ia kepada sang penjual.
Sulaiman: ”Assalamu’alaykum, wahai saudaraku, tunjukkan aku jam, baju, dan perhiasan yang kau miliki dan katakanlah kenapa tempatmu seperti ini?
Penjual: Waalaykumsalam, Mari Sulaiman, kutunjukkan alasan kenapa.”
Berjalanlah mereka ke tempat barang yang dijual, pada baris yang pertama….
Penjual: ” Barang ini tuanku, adalah barang bekas yang sudah dipakai puluhan orang, harganya paling murah.”
Sulaiman: ”Tentu kau tahu aku tidak akan membeli barang murah!”
Mereka beranjak ke baris yang kedua.
Penjual: ” Baris ini tuan, adalah barang yang pernah dipakai oleh satu orang saja, tidak lebih. Harganya sedikit lebih mahal.”
Sulaiman: ”Berapa kali harus kubilang, aku tidak mau barang bekas!”
Lalu baris ketiga….

Jumat, 18 Februari 2011

Touring AKU




Wates-Purworejo-kebumen-tegal-slawi-banyumas-cirebon ya itulah gambaran touringku menuju kota Jakarta. Memang terasa indah bila aktivitas perjalanan adalah merupakan sebuah hobi sehingga mendapatkan kepuasan tersendiri ketika perjalanan. Perjalanan sungguh mengasyikkan sekali, apalagi tiada sesuatu hambatan pun yang mengganggu perjalanan kita. Lha terus bila ada hambatan apakah tetap mengasyikkan? Siapa sih yang mau dapat hambatan ketika dalam perjalanan, saya kira tidak ada satu orang pun yang mau terhambat dalam perjalanannya. Bukan hanya dalam perjalanan saja tetapi semua orang tidak ada yang mau bila aktivitasnya terhambat tidak sesuai dengan keinginannya. Ya menanggapi itu semua, bila sudah mengatas namakan hobi semua itu akan tidak akan membuat sipelaku hobi menjadi jera untuk melakukan hobinya tersebut. Malahan itu adalah sebuah tantangan bagi mereka yang harus dipecahkan, dan semua itu adalah pengalaman yang sungguh luar biasa bagi sipelaku hobi. Bukan begitu teman?

Rabu, 16 Februari 2011

Berjuta Cara Untuk PDKT (Kepemimpinan)

Suatu ketika, seorang anak muda yang pernah bertemu dengan Obama membereskan barang-barangnya. Di antara tumpukan barang, terselip foto dirinya dan Obama yang sedang berjabat tangan, beserta tanda tangan dan kata-kata kenangan yang dituliskan oleh Obama.
“to Goris, all the best… and miss satei and bakso in jkt on the back..”
si anak muda terperangah.

Minggu, 02 Januari 2011

Biografi


Data Pribadi
Nama
:
MAHMUD BASUKI
Nama Panggilan
:

Tempat / Tanggal Lahir
:
Indonesia
Agama
:
Islam
Jenis Kelamin
:
Laki-Laki
Jabatan
:
Dosen Teknik Industri, Fakultas Teknik di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan
Alamat Rumah
:
Jl. Palembang-Jambi KM. 121 Nusa Serasan Sungai Lilin MUBA
Alamat Kantor
:
Universitas Tridinanti Palembang, Jl. Kapten Marzuki, Palembang
Riwayat Pendidikan
  1. KMI Pondok Modern Assalam, Palembang 2008
  2. IPA Pondok Modern Assalam, Palembang 2008
  3. Teknik Industri (S1) Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta 2013
  4. Teknik Industri (S2) Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia 2015
  5. Ilmu Teknik (S3) Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya. Sejak 23 Juli 2019 (SK Rektor UNSRI No. 0177/UN9/SK.BAK.Ak/2019)
Pendidikan Tambahan
  1. Matahari Komputer, Palembang 2007
  2. Giovani English Course (GEC), Palembang 2006-2008
  3. Neutron, Yogyakarta 2009
  4. Naswa, Yogyakarta 2009
  5. Semnas : Formulasi Indoktrinitas 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (UUD NRI 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika), Bandung, Indonesia 2010
  6. dst.
Pengalaman Organisasi
  1. Qismu al-Lughah OSA Srigunung, Palembang 2007-2008
  2. Ketua Muhadhoroh OSA Srigunung, Palembang 2007-2008
  3. Staf pengajar Giovani English Course (GEC), Palembang 2008
  4. KAMMI Komisariat UIN, Yogyakarta 2009-2010
a.    Koordinator Dana dan Usaha Panitia DM gel. 2 KAMMI
b.    Koordinator Dana dan Usaha Panitia Semarak Milad KAMMI ke X
c.    Koordinator Humas dan APDD Panitia Bimbingan Test KAMMI
d.   Ketua Panitia DM gel. 1 KAMMI
  1. Staf Pengkaderan KAMMI UIN, Yogyakarta 2009-2010
  2. Staf Intelektual Forsilam cabang Yogyakarta 2009-2010
  3. Kepala Intelektual Forsilam cabang Yogyakarta 2010-2011
  4. Staf P&B MAJLUGHA Fakultas Sains dan Teknologi UIN, Yogyakarta 2009-2010
  5. Ketua Umum MAJLUGHA Fakultas Sains dan Teknologi UIN, Yogyakarta 2010-2011
  6. MPA MAJLUGHA Fakultas Sains dan Teknologi UIN, Yogyakarta 2012
  7. Mahasiswa Pendamping (MP) Mata Kuliah Program Pendampingan Keagamaan (PPK) Fakultas Sains dan Teknologi UIN, Yogyakarta 2010-2012
  8. Staf Bidang Ke-MP-an Mata Kuliah Program Pendampingan Keagamaan (PPK) Fakultas Sains dan Teknologi UIN, Yogyakarta 2011-2012
  9. Shorban Nasheed, Yogyakarta 2011-2012
  10. Abdi Nurul Ilmi, Yogyakarta 2012
  11. KKN UIN Angkatan 77, Yogyakarta 2012
    a.    Kordinator Desa KKN Ngloro Saptosari Gunungkidul
    b.    Ketua Kelompok 63 KKN Ngloro Saptosari Gunungkidul
  12. Ketua Umum Forsilam Cabang Yogyakarta 2012-2013
  13. Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) Forsilam Cabang Yogyakarta 2013-2015
Riwayat Pekerjaan
  1. Mahasiswa Pendamping (MP) Mata Kuliah Program Pendampingan Keagamaan (PPK) Fakultas Sains dan Teknologi UIN, Yogyakarta 2010-2012
  2. Jasa Sopir Yogyakarta, Freelance, 2013 - 2015
  3. Musyrif, Asatidz SMP-IT dan SMA-IT Darul Hikmah Boarding School (DHBS), Kota Bontang, Kaltim 2014
  4. Tim Surveyor CV. ALMAS DIY 2014
  5. Staff Warehousing and Analysing CV. TATONAS, DIY 2015
  6. Universitas Tridinanti Palembang (UTP), Sumsel 2016 - Sekarang
    a.    Dosen PS. Teknik Industri, FT, UTP, 2016 - Sekarang
    b.    Sekretaris PS. Teknik Industri, FT, UTP, 2016 - September 2019
    c.    Kepala Lab. Perancangan Teknik Industri, FT, UTP, 2016 - Sekarang
  7. Mitra Mulai Jum'at, 21 Juli 2017
  8. Leader - Tim Ahli - Proyek Pemerintahan X Bidang Ekonomi Industri, selesai pada Januari 2018
Riwayat Donor Darah
  1. PMI RSUP Moh. Husein Palembang, 2009
  2. Poliklinik UIN Sunan Kalijaga - PMI Kota Yogyakarta, 2011
  3. Poliklinik UIN Sunan Kalijaga - PMI Kota Yogyakarta, 28 Mei 2012
  4. Poliklinik UIN Sunan Kalijaga - PMI Kota Yogyakarta, 24 April 2014
  5. PMI Kota Yogyakarta, 19 November 2014
  6. PMI Kota Yogyakarta, 24 Maret 2015
Momen Bersamaan dengan Hari Lahir

Di tanggal dan bulan yang sama dengan hari lahir
  1. Lulus S2 Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, 2015
  2. SK Kepala Lab. Perancangan Teknik Industri, FT UTP, 2016
Publikasi Ilmiah