Minggu, 03 April 2011

Akhwaalul Muslim Haazal Yaum

"Problematika muslim saat ini" itulah arti dari judul diatas.
Kata kunci : Software   - Hati dan pikiran pada diri manusia.
                   Hardware - Fisik manusia.
Sejenak saya diamkan aktivitas software dan hardware saya pada suasana yang cukup sunyi ini. Diam, diam, dan mulai berfikir. Software saya mulai merembah kepada hal-hal yang hebat, tangguh dan tak terkalahkan. Terasa tak mungkin aku bisa, namun dengan hati yang selalu menyapa sapaan dari pikiran akhirnya pun timbul rasa percaya diri. Dan apa yang terjadi? mulailah hardware adalah suatu solusi yang dapat mengaplikasikannya apa yang dicanangkan oleh software.
Raga yang lesu, otot-otot yang belum menguat, sangat hebat sekali tiba-tiba semuanya itu menjadi tangguh dan kokoh siap berimplementasi menuntaskan angan-angan dari software.

Pertanyaan:
1. Mengapa banyak orang yang menjauhi syariat?
2. Mengapa kelemahan-kelemahan itu tampak pada seorang mulim?

Kelemahan dalam kapasitas intelektual (Al Jahlu). Kelemahan umat Islam yang terkait dengan kapasitas intelektual meliputi:

1. Dho'fut Tarbiyah (lemah dalam pendidikan)
Kelemahan dalam aspek pendidikan formal dan informal (pengkaderan) sangat dirasakan oleh umat Islam masa kini. Jika pendidikan juga pembinaan dan pengkaderan lemah maka akan mustahil melahirkan anasir-anasir dalam nadhatul umat (kebangkitan umat).

2. Dho'fut Tsaqofah (lemah dalam ilmu pengetahuan)
Dewasa ini sedang sangat pesat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi umat Islam terasa tertinggal bila dibandingkan umat yang lainnya, ini disebabkan karena wawasan umat Islam yang sempit dan terbatas juga lemah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan ini disebabkan kemauan umat untuk menuntut ilmu sangat rendah.

3. Dho'fut Takhthith (lemah dalam perencanaan-perencanaan)
Umat Islam sekarang ini tidak memiliki strategi yang jelas (life mapping). Rencana perjuangannya penuh dengan misteri. Hal tersebut disebabkan umat Islam tidak diproduk dari pembinaan-pembinaan yang baik dan tidak memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang memadai.

4. Dho'fut Tanjim (lemah dalam pengorganisasian)
Sekarang ini terjadi gerakan-gerakan yang mengibarkan bendera kebathilan, mereka membangun pengorganisasian yang solid sementara umat Islam lemah dalam pengorganisasian sehingga kebathilan akan di atas angin sedangkan umat Islam akan menjadi pihak yang kalah. Sesuai perkataan khalifah Ali ra "Kebenaran tanpa sistem yang baik akan dikalahkan oleh kebathilan yang terorganisasi dengan baik".

5. Dho'ful Amniyah (lemah dalam keamanan)
Masa kini umat Islam lengah dalam menjaga keamanan diri dan kekayaan baik moril dan materil sehingga negeri-negeri muslim yang kaya akan sumber daya alam dirampok oleh negeri-negeri non muslim. Begitu pula dengan Iman, umat lslam tidak lagi menjaganya tidak ada amniyah pada aqidah dan dibiarkan serbuan-serbuan aqidah datang tanpa ada proteksi yang memadai.

6. Dho'fut Tanfidz (lemah dalam memobilisasi potensi-potensi diri)
Umat Islam dewasa ini tidak menyadari bahwa begitu banyak nikmat-nikmat yang Allah SWT berikan dan tidak mensyukurinya. Jika umat Islam mersyukuri segala nikmat Allah dari bentuk syukur itu akan muncul kuatut tanfidz yaitu kekuatan untuk memobilisir diri dan sekarang umat Islam lemah sekali dalam memobolisir diri apalagi memobilisir secara kolektifitas.

Kelemahan dalam problematika moral (Maradun Nafs)
1. Adamus Saja'ah (hilangnya keberanian)
2. Adamus Sabat (hilangnya sikap teguh pendirian)
3. Adamut Dzikriyah (hilangnya semangat untuk mengingat Allah)
4. Adamus Sabr (hilangnya kesabaran)
5. Adamul Ikhlas (hilangnya makna ikhlas) 
6. Adamul Iltizam (hilangnya komitmen)

0 komentar:

Posting Komentar

اُنْظُرْ مَا قَالَ, وَلَا تَنْظُرْ مَنْ قَالَ

Lihatlah apa yang dikatakan, jangan lihat siapa yang mengatakan. [Ali Bin Abi Thalib]

Silahkan tinggalkan pesan dengan baik dan santun.