ALLAH TIDAK PERNAH MENGUJI KITA

Allah Tidak Pernah Menguji Kita, Melainkan Sesuatu yang Kita Anggap Ujian adalah Sebuah Nikmat yang Belum Terlihat. (Mahmud Basuki)

KOMENTAR

Komentar Anda Secara Tidak Disadari Telah Mengomentari Anda. So, Berkomentarlah yang Baik-baik. (Mahmud Basuki)

SEMANGAT BABAT ALAS

Tuntaskan Amanat, Memaksimalkan Prioritas Utama - QS. Al-Anfal: 27

TETAP BERDO'A LALU BERUSAHA

Ya Allah ketika kami berbaik sangka dengan orang lain, maka baikkanlah prasangka itu sesuai prasangka baik kami ya Allah, jauhkan dari ketidak sesuaian prasangka baik kami. (Mahmud Basuki)

Minggu, 23 Desember 2012

PENCERAHAN

Setiap jalan terowongan yang gelap panjang pastilah adalah cahaya dimana merupakan jalan keluar untuk meninggalkan kegelapan yang cukup panjang itu. Begitulah fenomena kekuasaan Allah SWT ibarat jalan terowongan tersebut, Allah SWT tentunya sudah menetapkan kisah untuk makhluk-makhluk ciptaannya.

Seperti jalan terowongan tersebut, dimana kita sedang mengendarai mobil melintasi jalan aspal kemudian melintasi terowongan panjang, mungkin bagi anak kecil yang belum mengerti akan hal ini, akan ketakutan dan menduga bahwa terowongan gelap ini tidak ada jalan keluar dan bisa jadi kembali memutar mobilnya untuk tidak melanjutkan perjalanan tersebut.

Nah, bagi kita yang sudah tahu akan berfikir: "jalan aspal, paham jika ada terowongan adalah salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan, dll, dan yang membuat terowongan adalah manusia, maka kita tentunya akan tetap melanjutkan perjalanan hingga mendapatkan pintu keluar dari terowongan, hmm ya gak mungkinlah buntu pasti ada jalan tembusannya".

Begitu pula Allah SWT menggariskan takdir pasti ada jalan keluar, ada cahaya dibalik segala perkara dan urusan umat manusia. Tinggal manusia yang harus cerdas dalam mensikapi dan menekuni jalan hidupnya, berusaha dan berusaha.

Bukan waktu yang singkat bagiku dalam urusan ini (urusan apa ya?), mungkin karena masih belum fokus kali ya? ya mungkin. Alhamdulillah pada malam ahad ini (22/11/12), dengan niat tidak putar balik seperti pengendara mobil yang kurang paham pada cerita diatas, akhirnya cahaya itu menghampiriku juga.

Hmm, sebagai balas dendamnya besok pokoknya aku mau makan yang enak-enak dan tetap berdo'a kepada-Nya agar segala urusanku selalu dipermudahkan. Terkhusus urusan ini, semoga keberlanjutannya kudapati birokasi yang bersahabat-lancar, selalu mendapat pencerahan dan dihindarkan dari sifat galau yang berlebihan. Ya kalaupun sampai galau saya tetap mengingat-Mu ya rabb. Aaamiiin

Jumat, 14 Desember 2012

IKHLAS

Kaderisasi, atau biasa disebut pengembangan sumber daya manusia. Betapa banyak kader-kader dakwah yang berkeinginan untuk membuat skill masing-masing manusia yang dinaunginya (sosial. red) untuk menjadi lebih power dari dirinya, dengan mengharap ada pengganti dirinya pada jabatan yang sedang di ampunya (tentunya orang yang dididiknya adalah orang yang satu fikroh dengannya). Menjadikan keuntungan yang lebih bagi orang yang diharapkannya, berkorban harta, fisik, sosial untuk menguntungkan orang tersebut.
Namun, setelah matang siap untuk menggantikan dirinya (kader dakwah), tidak ada tindakan lain selain bersabar dan mengelus dada ketika hal itu tidak sesuai dengan yang diharapkannya.
Sungguh sudahkah kita tahu bahwa ada orang disisi kita yang dengan ikhlas ingin menjadikan diri kita yang lebih baik, lebih hebat, lebih bermartabat, lebih beruntung meskipun mereka tersita waktunya.
Kalau belum tahu, semoga setelah baca ini Anda segera menjadi tahu...

Kamis, 13 Desember 2012

Saya Diajukan, Bukan Mengajukan Diri

Merujuk judul pada postingan ini, siapapun Anda janganlah berambisi untuk mengajukan diri sebagai pimpinan ataupun jabatan lainnya. Karena jabatan adalah amanat ataupun sebuah kepercayaan orang lain kepada diri Anda, bukan hanya Anda saja yang percaya terhadap kemampuan Anda memimpin. Disini saya juga masih belajar, Anda juga, mari belajar bersama-sama dengan menyimak sabda Rasulullah Muhammad berikut ini:


"Sesungguhnya kami tidak akan memberikan jabatan ini kepada seseorang yang memintanya, tidak pula kepada orang yang sangat berambisi untuk mendapatkannya" (HR Muslim).
"Sesungguhnya engkau ini lemah (ketika abu dzar meminta jabatan dijawab demikian oleh Rasulullah), sementara jabatan adalah amanah, di hari kiamat dia akan mendatangkan penyesalan dan kerugian, kecuali bagi mereka yang menunaikannya dengan baik dan melaksanakan apa yang menjadi kewajiban atas dirinya". (HR Muslim).
Silahkan disimpulkan sendiri-sendiri dari tulisan ini.

Rabu, 12 Desember 2012

Opsi 2012

Dari dosen yang satu ke dosen yang lainnya mencari sesuatu yang dapat mengisi kekosongan. Dua opsi mengerucut (1) Lanjut study, atau (2) Cari pengalaman kerja dulu

Anggap saya sebagai botol yang kosong pak....
Cerita pendek tapi agak panjang hehe pun terjadi dari pak Kaprodi, "saya dulu sebelum lanjut study, kerja dulu 2 tahun mas, nah sekarang saya mau tanya, mas mau lulus semester berapa? IPK sekarang berapa?" weww kalo pembaca gak boleh tahu IPK saya berapa ya. Jelasnya pak Kaprodi tadi meneruskan percakapannya: "IPK gak jadi jaminan, paling tidak 2.85 cukup untuk bisa diterima diperusahaan (seperti diperusahaan saya dulu), karena IPK minimal adalah 2.75".

Disisi lain ada dosen yang mengharuskan IPK minimal 3.00 dulu. Ada juga dosen yang bilang skripsi kamu paling tidak A bulat. Hemm setelah dipikir-pikir untuk apa study lama-lama... aksinya mana? tunjukkan aksimu... nah kalo sudah unjuk gigi baru lanjut study lagi... Kalo bisa cepat kenapa harus lambat?

Selasa, 11 Desember 2012

Beruntung Nge-like Fanspage Forsilam

Selamat kepada nama-nama dibawah ini:

8. Najib Jauhar
29. Nuryadi Umar
39. Najwa Shabrina
2. Kurnia Anhar

Nama-nama diatas telah men-like http://facebook.com/forsilam.jogja dan berhak mendapatkan souvenir dari Forsilam Cabang Yogyakarta.

Apa yang harus dilakukan? 
(jangan lakukan point ke 1 jika Anda tidak berniat melakukan point 2, 3, dan 4)
1. Silahkan ikuti langkah pada gambar ini:
    ditunggu maksimal Kamis, 13/12/12.
2. Kwitansi tanda terima dari JNE beserta souvenir harap difoto
    bersama Anda (bukti untuk pen-like lainnya yg belum beruntung)
3. Silahkan share di FB pribadi Anda beserta pesan kesan
    terbaik Anda untuk Forsilam Cab Yogyakarta
4. Link foto Anda tadi share di http://facebook.com/forsilam.jogja



Di ucapkan syukron jazakumullahu khairon kepada pen-like fanspage yang pada kesempatan ini belum beruntung.

Rabu, 21 November 2012

MAYORITAS WANITA - TAPI TAK SEMUA

Ketika SD:
Lihat kerennya, prestasinya

Ketika SMP:
Lihat popularitasnya

Ketika SMA:
Lihat ganteng cakepnya

Ketika Kuliah:

Lihat semuanya

Ketika Mau Nikah:

Lihat Mapannya (sudah mapan apa belum?)

Tidak sedikit generasi muda kita yang selalu pilah-pilah dalam menentukan pasangan hidup (bagi saya itu memang hak Anda). Namun yang menjadikan kurang baiknya dalam memilih pasangan hidup adalah yang tidak berpedoman kepada Agama. Tidak sedikit generasi muda kita yang menjalani rumah tangga dengan terpaksa... terpaksa yang bagaimana? Mohon maaf ne ya sebelumnya. Maksud terpaksa disini adalah karena awalnya sih untuk senang-senang saja, untuk pengetahuan saja, untuk pengalaman saja. Dan ujungnya kebablasan sampai berbadan dua (maaf loh ya).
Kamu tahu gak sih, orang yang melakukan sedemikian itu BANYAK yang mereka lakukan justru dengan orang yang tidak dicintai nya. Karena niat tersebut hanya nurutin nafsu-nya, cuma untuk maen-maen, lebih parahnya cuma buat koleksi doang (emang barang po?). Dan biasanya pikiran semacam ini lebih dominan kepada kaum lelaki.

Nah, kalo tadi bahasanya adalah "parah", sekarang adalah mbahnya parah, mungkin bisa dengan bahasa: parah beut (hehe). Apanya yang parah beut? Jika yang melakukan ini (lelaki sebagai koleksi baginya) adalah wanita. Tahu sendiri kan banyak tuh cewek yang gonta-ganti cowok... pas SMP si A, pas SMA si B, pas Kuliah si C, D, E. Beehh maaf ya, cewek semacam ini saya kira cowok manapun akan ENGGAN DENGAN DIA UNTUK SERIUS DALAM PERNIKAHAN!! (untuk cowok yang nalurinya masih bagus).   Kenapa gak mau? ya iyalah orang yang cowok aja masih mulus alias kinclong masa mau dengan cewek gituan. Kalo toh terjadi pernikahannya (karna lelakinya belum tahu kali ya...) paling ya sedikit gak harmonis gitu rumah tangganya.
Lha terus siapa yang mau dengan dia? ya otomatis orang yang sama kayak dia lah, yang suka koleksi gitu..
Kesimpulannya:
Anda anda semua boleh kok ngeliat calon pasangan Anda dari segi apapun (hartanya, cantik/tampannya, keluarganya). Bahkan Rasulullah juga pernah bersabda:
“Wanita dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan karena agamanya dan pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung.”(HR. Bukhari dari shahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu)

 Nah yang perlu diperhatikan itu agamanya, agamanya keren gak? agamanya prikitiw gak? (hehe)
Uppps... Siapa yang gak tahu "nasab" angkat tangan??

Saranku buat yang cowok-cowok ne ya? wes ayo fokus me-mapankan diri untuk njemput wanita idamanmu... (suara mayoritas orang tua - calon mertuomu)

Selasa, 20 November 2012

Definisi ProModel

ProModel adalah suatu software yang khusus didesain untuk mensimulasikan masalah-masalah yang ada pada industri manufaktur dimana barang-barang yang diproses adalah barang-barang yang terhitung. Keunggulan utama dari software ini adalah memiliki kemampuan animasi sehingga kita dapat melihat keadaan nyata pada layar komputer tetapi tidak ada angka diperlihatkan. Sebagai suatu software simulasi, Promodel dapat membantu mengetahui keadaan sistem dimasa yang akan datang dalam waktu yang lebih singkat dengan melihat segala kemungkinan yang ada. Hasil akan diperoleh dari hasil statistik tersebut akan dapat membantu pihak pengambil keputusan dalam mengidentifikasi sumber-sumber masalah dalam system sebenarnya serta mengambil keputusan dengan menganalisa angka-angka yang telah disajikan.

Jumat, 16 November 2012

The Fikr- Permaisuri hatiku

Lyrik Nasyid-The Fikr-Permaisuri Hatiku

Engkau yang selalu menjelma didalam hatiku
Engkau wanita mulia pendamping hidupku
Tak salah dirimu menjadi permaisuri hatiku
www.mahmudbasuki.com
Engkau membawa cahaya dalam keluarga
Pribadimu indah akhlakmu terjaga
Sehingga ku makin, terpesona
www.mahmudbasuki.com

Reff:
Hatimu yang tulus suci dan murni
Menjunjung amanah ilahi
Kau hibur diriku dengan senyumanmu
Bilaku dalam kebimbangan
www.mahmudbasuki.com
Semoga cinta kita
Tulus dalam keimanan
Sepanjang jalan bersama
Hingga disyurga nanti
www.mahmudbasuki.com
Kaulah permaisuri hatiku
Kaulah pujaan hatiku
Kaulah permaisuri hatiku
Kaulah bidadari syurgaku
www.mahmudbasuki.com
Disaat keheningan malam
Kau bersujud dihadapan yang kuasa
Untuk memohonkan kebahagiaan
Pantas bila kau kusebut
Permaisuri hatiku

Rabu, 24 Oktober 2012

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI

Assalamu'alaikum...
Kamu termasuk peminat jurusan Teknik Industri? Tapi belum tahu detail tentang Teknik Industri, sehingga kamu cari-cari tahu.
Teknik Industri adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari bagaimana merancang, mengatur, dan mengaplikasikan semua faktor-faktor seperti manusia, mesin, metode, material, lingkungan menjadi suatu sistem dalam lingkup yang berhubungan dengan fungsi pabrik, seperti penelitian dasar, penelitian operasional, pengembangan terhadap suatu produk baru, melalui rekayasa-rekayasa industri, desain produk, perancangan sistem kerja, perawatan mesin, sistem produksi hingga pada kualitas hingga ke pelayanan purna jual terhadap produk tersebut. (http://iti.ac.id/)

Nah, dengan definisi di atas mungkin kamu sedikit ada gambaran. Untuk lebih jelas mungkin kamu bisa download di sini. File ini adalah saat saya dulu (2009) mencari-cari tahu tentang Teknik Industri sebelum diterimanya di Teknik Industri UIN Jogja (bentar lagi masuk semester 8 nih, doanya ya biar cepat lulus hehe).
Jelasnya kalo Jurusan Teknik Industri gelarnya adalah S.T (S1) dan M.T (S2), untuk UGM bergelar M.Sc (S2). Kemudian yang perlu diingat adalah porsi bermainmu harus dikurangi tentunya.

Berikut daftar Jurusan Teknik Industri (S1) yang ada di Yogyakarta-Indonesia:

1. Teknik Industri Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga (UIN-Suka) Yogyakarta
     Fakultas Sains dan Teknologi UIN-Suka
     Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta (saintek.uin-suka.ac.id)


2. Teknik Industri Universitas Islam Indonesia (UII)
    Fakultas Teknologi Industri (FTI) Kampus Terpadu UII
    Jl. Kaliurang km 14.4 Besi Sleman Yogyakarta (fit.uii.ac.id)

3. Teknik Industri Universitas Gajah Mada (UGM)
    Fakultas Teknik UGM
    Jl. Grafika No. 2 Yogyakarta (psti.ft.ugm.ac.id)

4. Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta
    Fakultas Teknologi Industri Kampus 3 UAD
    Jl. Prof. Dr. Supomo SH. Yogyakarta (tindustri.uad.ac.id)

5. Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)
    Fakultas Teknologi Industri UAJY Kampus III Gedung Bonaventura
    Jl. Babarsari 43 Yogyakarta (ind.uajy.ac.id)

6. Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN)
    Fakultas Teknologi Industri UPN Yogyakarta
    Jl. SWK 104 (Lingkar Utara) Depok Sleman Yogyakarta (tiupnjogja.com)

7. Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)
    Fakultas Sains dan Teknologi UTY
    Jl. Lingkar Utara Jombor Mlati Sleman Yogyakarta (uty.ac.id)

8. Teknik Industri Institut Sains & Teknologi (ISTA) AKPRIND Yogyakarta
    Fakultas Teknologi Industri ISTA AKPRIND
    Jl. Kalisahak No. 28 Yogyakarta (ti.akprind.ac.id)

9. Teknik Industri Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY)
    Fakultas Teknik UWMY
    nDalem Mangkubumen KT III/237 Yogyakarta (ftwidyamataram.ac.id)

10. Teknik Industri Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta
      Fakultas Teknik UST
      Jl. Kusumanegara 157. Yogyakarta (ustjogja.ac.id)

11. Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Yogyakarta
      Jl. Janti Komplek Lanud Adisucipto Banguntapan Yogyakarta (stta.ac.id)

Jurusan Teknik Industri (S2) yang ada di Yogyakarta-Indonesia:

1. Teknik Industri Universitas Islam Indonesia (UII)
    Fakultas Teknologi Industri (FTI) Kampus Terpadu UII
    Jl. Kaliurang km 14.4 Besi Sleman Yogyakarta (master-fit.uii.ac.id)

2. Teknik Industri Universitas Gajah Mada (UGM)
    Fakultas Teknik UGM
    Jl. Grafika No. 2 Yogyakarta (psti.ft.ugm.ac.id)

Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum.

Senin, 08 Oktober 2012

DESIGN PRODUK - SETRIKA BOLIK

Keterangan tools secara umum:

Gambar 1. Bolik
Keterangan:
1.      Alas bolik
2.      Pengunci alas bolik
3.      Meja dan rak serba guna
4.      Penyangga alumunium
5.      Gantungan hanger

Alat ini digunakan untuk menyetrika dengan alas yang dapat dibolak-balik. Cara kerjanya baju yang akan disetrika dimasukkan pada alas bolik tersebut. Sehingga baju tidak perlu dibolak – balik cukup dengan alas lipatnya yang dibolak balik. Untuk sejenis celana, atau pakaian yang tidak sesuai ukuran alas bolik dapat menyetrika seperti biasanya.
1. Alas bolik
Gambar 2. Alas Bolik dilihat dari Atas

Alas bolik ini disesuaikan dengan ukuran baju standar masing-masing etnis, negara dll.
Gambar 3. Alas Bolik Lipat dilihat dari Samping

Alas bolik dapat dikontrol tinggi rendahnya sesuai kenyamanan pengguna. Jika menyetrika pakaian yang tidak sesuai dengan ukuran alas bolik, posisi pada gambar 3 adalah sangat tepat untuk dilakukan. 
Saran : Untuk menyetrika sebaiknya kita pisahkan pakaian yang sejenis agar efektif dalam pengerjaannya. 


                2. Pengunci alas bolik
Gambar 4. Katrol Pengunci

Berfungsi sebagai pengontrol alas bolik (membolak-balik, dan menaik turunkan alas bolik sesuai dengan kenyamanan bagi penggunanya).
3. Meja dan rak serba guna
 
Gambar 5. Meja dan Rak Serba Guna

Meja ini bisa sebagai tempat pakaian seusai disetrika, atau bisa digunakan untuk belajar secara lesehan. Kemudian rak dibawahnya bisa untuk tempat pakaian setelah disetrika dll.
4. Penyangga alumunium
Gambar 6. Besi Alumunium

Penyangga alumunium didesain kuat untuk menyangga alas bolik dan hanger gantungan baju.

5. Gantungan hanger

Gambar 7. Gantungan Hanger

Berfungsi untuk meletakkan pakaian setelah disetrika.

6. Gambar dilihat dari bawah

Gambar 8. Alat Setrika Bolik dilihat dari Bawah