Sabtu, 13 April 2013

PERPANJANGAN PASPOR PART 1

Selasa, 9 April 2013 aku berkunjung ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta untuk perpanjangan paspor yang masa berlakunya 2 Mei 2013 bulan depan.

Dari UIN menuju ke arah Bandara Adisucipto kantor imigrasi tepat sebelum bandara, yang tepatnya di seberang pom bensin.

Sampai disana apa yang aku lakukan? ini dia:
1. Parkir dulu yang jelas
2. Naik tangga ke lantai 1 (bukan baseman loh)
3. Minta formulir yang berada di map kuning (tempatnya habis pintu masuk langsung tengol ke kiri), dan perlu diketahui formulir itu tidak untuk diperjual belikan alias GRATIS (inget loh ya, ada tulisannya di map tersebut), tapi kalo kata temenku bayar Rp. 10.000 (formulir+cover paspor) hehe, ini postingannya.
4. Isi formulir (sambil tanya-tanya kalo ada yang masih bingung).
5. Aku periksa kelengkapan persyaratan, ternyata 1 yang belum aku bawa yaitu KK (kartu keluarga), dan aku tanya ke mbak cantik pada front office (gak boleh kalo tanpa KK katanya). Wah coba dulu tanya ke loket ah... so aku ambil no antrian dan ku dapat no antri 124. Haa dari jam 8.00 (isi formulir), 8.30 mulai ngantre, dan akhirnya jam 09.00 kini giliranku menuju ke loket 1.
6. Sampe ke loket ada percakapan nih:
    Kata bapaknya: "ini kurang KK sama surat keterangan dari kampusmu mas". 
      Kataku: "wah KK nya di Sumsel pak, kalo nyusul aja gimana pak? saya hanya ada fotokopinya, itupun gak saya bawa 'coba dikit lah" 
    Kata bapaknya lagi: "kalo KK syarat mutlak mas, dilegalisir dari tempat tinggalmu atau ke notaris aja gak papa"
     Kataku: "Terus aslinya pak?" (syaratnya kalo ada aslinya dibawa ya, untuk menunjukkan bukti asli)
    Kata bapaknya: " dah gak papa, legalisir sudah menunjukkan yang asli (tapi lagi2 kalo ada yang asli dibawa ya... hehe)
7. Ketempat parkir, bayar Rp. 1.000,- (sambil berkata: matur nuwun ngeh mas). Pulang deh. Sambil mengingat-ingat yang harus aku persiapkan ada 2 yaitu KK dan keterangan dari kampus. Kata temenku, kalo minta surat keterangan dari kampus tidak bisa, harus lulus dulu katanya. Nah, cerita selanjutnya ada DISINI (part 2). Alhamdulillah surat dari kampus dapat (bisa didownload pada postingan lanjutan).

Paket Liburan Jogja (Driver Muslim Jogja)

0 komentar:

Posting Komentar

اُنْظُرْ مَا قَالَ, وَلَا تَنْظُرْ مَنْ قَالَ

Lihatlah apa yang dikatakan, jangan lihat siapa yang mengatakan. [Ali Bin Abi Thalib]

Silahkan tinggalkan pesan dengan baik dan santun.