Sabtu, 28 Desember 2013

Umur Sudah 5 Tahun: Gesek Nomor Mesin dan Nomor Rangka

1. Selama aku kuliah di Jogja, aku ditemani motor yang berplat luar Jogja yaitu plat Sumsel (BG).

2. Terkait bayar pajak tiap tahun, aku bayar di Sumsel dengan cara mengirimkan STNK ke rumah dan diurus sama orang rumah.

3. Nah, Februari 2014 nanti, umur motorku menginjak umur 5 tahun. Pastinya harus cek fisik dan ganti plat.

4. Tidak mungkin dong kalau motorku aku kirimkan ke Sumsel untuk cek fisik dan urus itu semua, sementara aku masih lama di Jogja.

5. Akhirnya, setelah baca-baca dan cari informasi lainnya, untuk cek fisik atau gesek nomor mesin dan rangka bisa dilakukan di Jogja dan kemudian berkasnya baru dikirim ke Sumsel.

6. Untuk gesek, aku pergi ke Polres Sleman Jalan Magelang.

7. Awalnya aku gak bawa BPKB, hingga aku harus kembali lagi ke kosku Jakal KM 14 untuk ambil itu BPKB. Karena syarat "gesek bantuan" adalah STNK, BPKB, dan Motor yang mau dicek fisik alias digesek.

8. Tempat cek fisik persis di sebelah timur masjid. Maju ke loket bilang mau gesek. Petugas biasanya tanya untuk keperluan apa? Ya jawabku kemaren karena sudah 5 tahun, motor Sumsel.

9. Biaya administrasi sebesar Rp. 15.000. Setalah bayar kita diberi form dan nomor antrian. Motor diantrikan di tenda yang tersedia. Setelah digesek dengan petugasnya, kembali lagi ke loket.

10. Gesek selesai, prosesnya cepat tidak lebih dari 1 jam. Setelah itu aku lepas plat motorku untuk aku kirimkan bersama dengan STNK, BPKB, Kertas keterangan gesek dari Polres Sleman tadi. Pengiriman aku pakai POS.

11. Setahuku BPKB tidak harus dikirim, tapi dari pada nanti bolak-balik jadinya aku ikut sertakan.

12. Sekarang aku berkendara motor tanpa plat, tanpa STNK, tanpa SIM. SIM ku juga aku ikut sertakan kirim karena sudah mati juga sejak bulan November lalu (maklum bukan SIM Jogja).

Sekian.


Paket Liburan atau Wisata Jogja

1 komentar:

Pengalaman yg informatif. Keep posting gan... :D

Posting Komentar

اُنْظُرْ مَا قَالَ, وَلَا تَنْظُرْ مَنْ قَالَ

Lihatlah apa yang dikatakan, jangan lihat siapa yang mengatakan. [Ali Bin Abi Thalib]

Silahkan tinggalkan pesan dengan baik dan santun.