ALLAH TIDAK PERNAH MENGUJI KITA

Allah Tidak Pernah Menguji Kita, Melainkan Sesuatu yang Kita Anggap Ujian adalah Sebuah Nikmat yang Belum Terlihat. (Mahmud Basuki)

KOMENTAR

Komentar Anda Secara Tidak Disadari Telah Mengomentari Anda. So, Berkomentarlah yang Baik-baik. (Mahmud Basuki)

SEMANGAT BABAT ALAS

Tuntaskan Amanat, Memaksimalkan Prioritas Utama - QS. Al-Anfal: 27

TETAP BERDO'A LALU BERUSAHA

Ya Allah ketika kami berbaik sangka dengan orang lain, maka baikkanlah prasangka itu sesuai prasangka baik kami ya Allah, jauhkan dari ketidak sesuaian prasangka baik kami. (Mahmud Basuki)

Rabu, 03 April 2013

PERPUSTAKAAN

Perpustakaan adalah tempat interaksinya antara pustakawan, pemustaka, dan buku. Perpustakaan merupakan sebuah tempat yang menampung keilmuan dalam bentuk buku, bentuk digital ataupun media elektronik lainnya yang dapat memberikan sebuah informasi guna mendukung perkembangan intelektualitas yang bermanfaat untuk masyarakat.


Kemaren bro, senin (1/4/13) aku pergi keperpustakaan UII (Univ. Islam Indonesia). Berhubung aku mahasiswa UIN (Univ. Islam Negeri) aku dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 5.000,- (mungkin ini informasi yang kamu cari.. hehe). Beda tipis sama tarif perpustakaan UIN, jika orang luar UIN yang masuk akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 3.000,-. Tapi kalo kamu punya "kartu sakti" yang masih aktif, gratis masuk tuh.


Nah, berhubung aku mau cari skripsi jurusan Teknik Industri, aku langsung menuju lokasi yang diarahkan. Skripsinya per-jurusan bro dipisah, dan tempatnya pun berjauhan tepatnya dipinggir-pinggir sudut. Beda ama yang di perpustakaan UIN, pemisahaannya berdasarkan fakultas.

Aku search dikomputer berkenaan dengan yang aku maksudkan, muncul semua tuh... tapi pas cari di raknya, aku cari satu persatu bro karena yang ditampilkan dimenu search komputer adalah kode rak. bukan kode bukunya. Beda sama yang di perpus UIN, sekali search dikomputer, muncul tuh kode buku dan kode raknya serta lokasi dilantai mana. Nah, tinggal dicatet aja tuh kode buku, terus cari deh. Kalo bingung ada petugasnya tuh yang standby.


Nah, setelah cari satu persatu, aku dapatkan skripsi yang aku maksudkan, terus aku baca-baca gitu... terus sambil aku catat halaman yang penting. Sambil bertnya pada pemustaka lain tentang ada tidaknya fotocopy, dan boleh tidaknya difotocopy. Terus aku langsung menuju fotocopy yang dimaksudkan... Sampai sana ternyata, skripsi atau tesis gak boleh difotocopy. Padahal sebagaian aja tuh. Beda sama perpus UIN, skripsi boleh untuk difotocopy sebagain yang penting.

weh uda uda dulu bro... moga menjadi informasi yang baik... bye bye

Selasa, 02 April 2013

DUA PEMBIMBING LEBIH MENGUATKAN

Tugas Akhir atau disebut skripsi, hee awalnya pembimbingku cuma satu. trus berdasarkan proses lanjutan jadi dua pembimbing........ taraaaa.... makin asyik aja nih kayaknya bimbingan.

Semua memberi masukan yang menguatkan...
eh uda dulu ya... besok lagi dilanjutin, total uda Rp. 8.000,- nih 3jam 11 menit... haha...
maklum warnet

BERBAGI TANPA HARAP KEMBALI

Ini edisi hariku yang tidak kalah dengan hari-hari lain yang terkadang sesaat galau. Nah (1/4/13), siang setelah sholat dzuhur, aku sempatkan jalan-jalan ke perpustakaan UII.

Tahu gak, macetnya jalan diperempatan ringroad jl. Gejayan, bisa sedikit ngilangin galau-galau gak jelas. hehe... nyelip-nyelip sono sini... sambil ngeliat sopir2 mobil "pada angop" nungguin macet. Maju dikit, dikit... Weh musti dibuat fly over juga nih (kalo uda selesai fly over perempatan ringroad Giwangan, musti nyusul nih).. 

Enak banget ngomong! emang duit tinggal ngeruk po!

Nah, itu cerita macet.. yang gak kalah juga ama jalanan sepanjang jakal (jalan kaliurang). Ditambah ujan duereees buaangeet, yang juga bisa ngilangin perasaan gak jelas ini.

Singkat ceriTO, ada mbak-mbak ngajak diskusi tentang Taguchi. Wah wah, lumayan bisa nih... setelah berpusing-pusing memahami tentang Taguchi, akhirnya aku bisa juga ngajarin mbak itu (cuma tentang cara eksperimen aja sih dan sekitarnya... hehe karena dia belum melakukan eksperimen, jadi agak bingung dikit). Senang rasanya bisa kembali menjadi sosok guru.

Nah, ternyata dari aku membagi ilmu yang dikit itu. Tadi nih, tadi tepatnya jam 11.20 (2/4/13) di laboratorium DSS (decision support system) aku bimbingan ama kedua pembimbingku yaitu bu Kifayah Amar, Ph.D dan bu Tutik Farikhah, S.T. Aku bisa memaparkan progress, yang aku nilai itu baik bagiku dalam pemaparannya. Ternyata bener tuh, kalo ilmu diamalkan makin melekat aja dan semakin mantab.

Ngomongin masalah ilmu yang diamalkan jadi keinget pelajaran mafudzot dulu kelas 2 tsanawiyah hehe.. apa tuh bunyinya.. ni nih... "al-ilmu bilaa 'amalin kassajari bila samarin": ilmu yang tidak diamalkan bagai pohon tak berbuah. Terus jadi keinget surat Ar-Rahman: Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?).. inget kan? itu tuh surat ke 55, yang sampe 31 kali pengulangan ayat tadi diatas..

Eh, udah ah... oya jangan dianggap tulisanku ini cuma untuk eksistensi ya... tapi ini obat galau aja...
bye bye..