ALLAH TIDAK PERNAH MENGUJI KITA

Allah Tidak Pernah Menguji Kita, Melainkan Sesuatu yang Kita Anggap Ujian adalah Sebuah Nikmat yang Belum Terlihat. (Mahmud Basuki)

KOMENTAR

Komentar Anda Secara Tidak Disadari Telah Mengomentari Anda. So, Berkomentarlah yang Baik-baik. (Mahmud Basuki)

SEMANGAT BABAT ALAS

Tuntaskan Amanat, Memaksimalkan Prioritas Utama - QS. Al-Anfal: 27

TETAP BERDO'A LALU BERUSAHA

Ya Allah ketika kami berbaik sangka dengan orang lain, maka baikkanlah prasangka itu sesuai prasangka baik kami ya Allah, jauhkan dari ketidak sesuaian prasangka baik kami. (Mahmud Basuki)

Sabtu, 13 April 2013

CARA PRINT AMPLOP PART 2

Nah, saya buat tulisan ini berdasarkan postingan sebelumnya. Cara Print Amplop Pakai Word 2007 part 1.
Berdasarkan gambar dibawah ini:
Gambar 1. Cara Lain Print Amplop Microsoft Word 2007

Gambar 2. Komentar Pengunjung Sumber dari Sini

Saya akan jelaskan detailnya:
1. Buka Ms. Word 2007 - Page Layout - Page Setup (menjelaskan gambar 1). Bisa dilihat gambar 3 berikut:
Gambar 3. Page Layout - klik Tombol Kecil Kanan Page Setup

2. Setelah klik Page Setup, Anda akan jumpai gambar 4. Jangan lupa klik Lanscape seperti gambar berikut:
Gambar 4. Lanscape

3. Dari gambar 4, lihat diatas (tidak tergambar pada gambar 4) akan terlihat pada gambar 5. Maka, klik paper:
Gambar 5. Paper - Comm. Env. #10

6. Setelah klik paper, terlihat juga pada gambar 5. Pilihlah ukuran kertas Comm. Env. #10 atau DL env (menerangkan gambar 1 nomor 2) sesuai ukuran yang Anda pilih. lalu klik OK.

7. Ukuran amplop terpilih bisa Anda lihat pada gambar berikut:
Gambar 6. Ukuran Amplop Terpilih

8. Tuliskan tulisan yang Anda kehendaki, sebagai contoh lihat gambar berikut :
Gambar 7. Contoh Tulisan pada Amplop (menerangkan gambar 1 nomor 3)

9. Lakukan Cntrl + P dan okey. Jangan lupa siapkan kertas amplop pada printer, hubungkan konektor printer dengan PC atau laptop Anda, dan jangan lupa hidupkan printer Anda (menjawab pada gambar 2 dan menerangkan pada gambar 1 nomor 4 dan 5).

Semoga bermanfaat.
Kurang jelas bisa lihat cara lain

Sumber Inspirasi:

PERPANJANGAN PASPOR PART 2

Lanjutan dari Perpanjangan Paspor Part 1.


Nah, teringat hari selasa 9/4/13 kemaren, syarat yang kurang adalah legalisir KK dan surat keterangan dari kampus.

Usai pulang dari Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta, langsung aku buka-buka berkas-berkas. Seingatku masih ada legalisir KK. Nah, jreng-jreng akhirnya ternyata benar alhamdulillah banget ya masih terdapat lebih dari 2 lembar legalisir KK...

Tinggal minta surat keterangan dari kampus. Meski kata temanku yang dia dulu pernah minta surat keterangan yang serupa, tapi tidak berhasil didapat, aku coba dulu. Ini dia alur yang aku lakukan:

1. Aku masih ada file2 fakultas yang bisa dilihat disini. Aku buat suratnya sendiri, aku print, dan aku tunjukkan ke Pembantu Dekan III. Aku lampirkan juga fotocopi KTM dan paspor yang mau ku perpanjang.
2. "Kalo menerangkan bebas narkoba saya gak berani mas" kata pak PD III. Akhirnya aku revisi dikit, dan numpang ngeprint sekalian di ruang dekanat (sama mas Eko, makasih ya mas Eko).
3. Langsung ke Kasubag bu Anita (kalo gak salah hehe) minta paraf. Terus diminta dan dibawa suratnya sama bu Anita. Dah, aku disuruh nunggu disitu aja. jreng-jreng-jreng sekitar 10 menit bu Anita kembali keruangan. Jadi deh.. Makasih ya bu Anita.

Mau liat suratnya, nih gratis.

Nah, selanjutnya jum'at 12/4/13 aku kembali ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta. Apa yang terjadi? ini dia:
1. Parkir dulu yang jelas
2. Masuk ruang front office, wah kok ada pajangan tertulis "close". Terus nanya ke mas yang duduk dibagian formulir. "jam operasional Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta senin sampai kamis dari pagi sampai jam 12.00 WIB. Kalo hari jum'at sampai 11.30 WIB mas" itu jawab masnya tadi. Aku liat jam uda jam 14.00 WIB t-t-t.
3. Kembali ketempat parkir (tukang parkir cuma menundukkan mukanya), so uang Rp. 1.000 yang aku siapkan ditangan tetap ku genggam. "monggo mas" kataku. "jneh" katanya. hmm kok gratis ya... apa karna aku pakai baju kayak baju dinas ya hehe...

Selanjutnya ada DISINI.

PERPANJANGAN PASPOR PART 1

Selasa, 9 April 2013 aku berkunjung ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta untuk perpanjangan paspor yang masa berlakunya 2 Mei 2013 bulan depan.

Dari UIN menuju ke arah Bandara Adisucipto kantor imigrasi tepat sebelum bandara, yang tepatnya di seberang pom bensin.

Sampai disana apa yang aku lakukan? ini dia:
1. Parkir dulu yang jelas
2. Naik tangga ke lantai 1 (bukan baseman loh)
3. Minta formulir yang berada di map kuning (tempatnya habis pintu masuk langsung tengol ke kiri), dan perlu diketahui formulir itu tidak untuk diperjual belikan alias GRATIS (inget loh ya, ada tulisannya di map tersebut), tapi kalo kata temenku bayar Rp. 10.000 (formulir+cover paspor) hehe, ini postingannya.
4. Isi formulir (sambil tanya-tanya kalo ada yang masih bingung).
5. Aku periksa kelengkapan persyaratan, ternyata 1 yang belum aku bawa yaitu KK (kartu keluarga), dan aku tanya ke mbak cantik pada front office (gak boleh kalo tanpa KK katanya). Wah coba dulu tanya ke loket ah... so aku ambil no antrian dan ku dapat no antri 124. Haa dari jam 8.00 (isi formulir), 8.30 mulai ngantre, dan akhirnya jam 09.00 kini giliranku menuju ke loket 1.
6. Sampe ke loket ada percakapan nih:
    Kata bapaknya: "ini kurang KK sama surat keterangan dari kampusmu mas". 
      Kataku: "wah KK nya di Sumsel pak, kalo nyusul aja gimana pak? saya hanya ada fotokopinya, itupun gak saya bawa 'coba dikit lah" 
    Kata bapaknya lagi: "kalo KK syarat mutlak mas, dilegalisir dari tempat tinggalmu atau ke notaris aja gak papa"
     Kataku: "Terus aslinya pak?" (syaratnya kalo ada aslinya dibawa ya, untuk menunjukkan bukti asli)
    Kata bapaknya: " dah gak papa, legalisir sudah menunjukkan yang asli (tapi lagi2 kalo ada yang asli dibawa ya... hehe)
7. Ketempat parkir, bayar Rp. 1.000,- (sambil berkata: matur nuwun ngeh mas). Pulang deh. Sambil mengingat-ingat yang harus aku persiapkan ada 2 yaitu KK dan keterangan dari kampus. Kata temenku, kalo minta surat keterangan dari kampus tidak bisa, harus lulus dulu katanya. Nah, cerita selanjutnya ada DISINI (part 2). Alhamdulillah surat dari kampus dapat (bisa didownload pada postingan lanjutan).

Paket Liburan Jogja (Driver Muslim Jogja)

Senin, 08 April 2013

Panduan Kerja Praktek Teknik Industri UIN Suka

Nah, alhamdulillah sekarang sudah ada panduan kerja prakteknya nih. Terbit tahun 2012, otomatis yang dapat kerja praktek terdahulu tentunya belum pakai panduan tuh, yang angkatan 2013 dan setelahnya baru bisa disesuaikan dengan panduan :-). Bisa download disini no 15.