Senin, 02 Juni 2014

Pertama Kali Menginjak Bumi Jogja

25. Aku ambil handphoneku dari saku, aku lihat jam menunjukkan kurang lebih pukul 01.00 WIB. Suasana sepi yang aku rasakan, terlihat sopir taksi yang tidak jauh dari kendaraannya. Menghampiri aku, bertanya, dan menawarkan. Tidak kalah dengan para ojek yang mendekatiku malam itu.

26. Aku sampaikan sudah ada yang akan menjemputku. Aku telfon nomor Tanto, tidak bisa, aku ulangi kembali, tetap tidak bisa. Tidak aktif tidak tahu mengapa, bisa jadi baterai nge-drop, bisa jadi hilang sinyal, atau karena lainnya. Ada kursi di seberang jalan sana, aku menuju ke sana, duduk sambil mengoperasikan handphone-ku.

27. Datang sesosok manusia datang dari kegelapan sana, mendekat ke arah di mana aku duduk. Semakin dekat semakin jelas, bukan pria, bukan wanita. Aku pergi dari tempat dudukku, mendekati toko rokok yang berada di pinggir jalan.

28. Nomor Tanto masih tidak aktif, aku buka inbox yang terdahulu, ada sms Tanto yang menggunakan nomor lain. Aku telfon nomor tersebut, tooot tooot tooot, ada jawaban yang tidak lain adalah teman Tanto.

29. Kurang lebih satu jam berada di terminal Jombor, datang Tanto menggunakan sepeda motor. Akhirnya datang juga, malam itu aku mudah dalam mengenali Tanto, saat itu Tanto memakai jaket almamater Pondok Pesantren Assalam. Tanto pun menyampaikan, nomornya tidak aktif karena handphone nya sedang dipakai temannya tadi.

30. Pikiranku diawal turun dari bus adalah suasana terminal yang tidak jauh berbeda dengan terminal-terminal kota-kota lainnya, menyeramkan, banyak penjahat, orang-orangnya didominasi dengan orang nakal, ternyata sungguh sangat berbeda. Ini mungkin efek pernah berada di Terminal Alang-Alang Lebar Palembang, Terminal Rawamangun Jakarta.

31. Berjabat tangan adalah awal mula dari pertemuan. Aku angkat koperku di atas motor, percakapan pun sejuk terasakan bersamaan perjalanan menuju kos.

32. Hari Ahad, 25 Januari 2009 aku sampai di Kota Jogja, kotanya para pelajar. Sekalian menunggu kumandang Adzan Subuh, sengaja kami tidak tidur.

Sumber foto: www.jogjacityparadise.com

Diselesaikan pukul 11.17 WIB.
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.
Yogyakarta, 02 Juni 2013.