Selasa, 29 Juli 2014

Pulau Beras Basah Kota Bontang Kaltim



8. Bersama-sama dengan rekan kerja yang lainnya (25/06/2014). Kami melakukan perjalanan ke Pulau Beras Basah. Melalui pelabuhan Tanjung Laut, perjalanan menuju pulau tersebut menggunakan perahu mesin yang dapat ditempuh kurang lebih 45 menit.

9. Pulau Beras Basah sangat kecil. Aku perhitungkan luas pulau tersebut kurang lebih hanya 2 hektar saja. Meskipun kecil, pulau tersebut juga ada penghuninya. Sempat aku bertanya pada anak-anak yang asli tinggal di pulau tersebut tentang sekolah mereka. Ternyata anak-anak tersebut tidak bersekolah.

10. Nama beras basah memiliki sejarah cerita, yang konon penamaan pulau tersebut dikarenakan dahulu ada sebuah kapal besar yang mengangkut bahan makanan pokok berupa beras. Tiba-tiba kapal tersebut tenggelam, sehingga beras semuanya tumpah ke lautan, dari itu jadilah sebuah pulau kecil dan diberi nama sesuai sejarahnya yaitu beras basah. Boleh percaya boleh juga tidak akan kebenarannya.

11. Mercusuar menjulang tinggi di pulau tersebut, pohon-pohon kelapa tampak subur di pulau tersebut, keindahan alam laut, tempat berenang yang menyenangkan, serta minuman dan makanan jajanan yang dijual tertata di pulau tersebut. Itulah sebagian keindahan pada pulau tersebut.

12. Bermodal ikan mentah, bumbu, dan jagung. Kami adakan acara bakar-bakar, yaitu bakar ikan dan bakar jagung. Oh ya yang penasaran, silahkan datang ke Kota Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia.

Diselesaikan pukul 21.29 WITA.
Lantai 3 Asrama DHBS Kota Bontang.
Kalimantan Timur, 29 Juli 2014/ 2 Syawal 1435 H.

0 komentar:

Posting Komentar

اُنْظُرْ مَا قَالَ, وَلَا تَنْظُرْ مَنْ قَالَ

Lihatlah apa yang dikatakan, jangan lihat siapa yang mengatakan. [Ali Bin Abi Thalib]

Silahkan tinggalkan pesan dengan baik dan santun.