ALLAH TIDAK PERNAH MENGUJI KITA

Allah Tidak Pernah Menguji Kita, Melainkan Sesuatu yang Kita Anggap Ujian adalah Sebuah Nikmat yang Belum Terlihat. (Mahmud Basuki)

KOMENTAR

Komentar Anda Secara Tidak Disadari Telah Mengomentari Anda. So, Berkomentarlah yang Baik-baik. (Mahmud Basuki)

SEMANGAT BABAT ALAS

Tuntaskan Amanat, Memaksimalkan Prioritas Utama - QS. Al-Anfal: 27

TETAP BERDO'A LALU BERUSAHA

Ya Allah ketika kami berbaik sangka dengan orang lain, maka baikkanlah prasangka itu sesuai prasangka baik kami ya Allah, jauhkan dari ketidak sesuaian prasangka baik kami. (Mahmud Basuki)

Selasa, 29 Juli 2014

Pulau Beras Basah Kota Bontang Kaltim



8. Bersama-sama dengan rekan kerja yang lainnya (25/06/2014). Kami melakukan perjalanan ke Pulau Beras Basah. Melalui pelabuhan Tanjung Laut, perjalanan menuju pulau tersebut menggunakan perahu mesin yang dapat ditempuh kurang lebih 45 menit.

9. Pulau Beras Basah sangat kecil. Aku perhitungkan luas pulau tersebut kurang lebih hanya 2 hektar saja. Meskipun kecil, pulau tersebut juga ada penghuninya. Sempat aku bertanya pada anak-anak yang asli tinggal di pulau tersebut tentang sekolah mereka. Ternyata anak-anak tersebut tidak bersekolah.

10. Nama beras basah memiliki sejarah cerita, yang konon penamaan pulau tersebut dikarenakan dahulu ada sebuah kapal besar yang mengangkut bahan makanan pokok berupa beras. Tiba-tiba kapal tersebut tenggelam, sehingga beras semuanya tumpah ke lautan, dari itu jadilah sebuah pulau kecil dan diberi nama sesuai sejarahnya yaitu beras basah. Boleh percaya boleh juga tidak akan kebenarannya.

11. Mercusuar menjulang tinggi di pulau tersebut, pohon-pohon kelapa tampak subur di pulau tersebut, keindahan alam laut, tempat berenang yang menyenangkan, serta minuman dan makanan jajanan yang dijual tertata di pulau tersebut. Itulah sebagian keindahan pada pulau tersebut.

12. Bermodal ikan mentah, bumbu, dan jagung. Kami adakan acara bakar-bakar, yaitu bakar ikan dan bakar jagung. Oh ya yang penasaran, silahkan datang ke Kota Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia.

Diselesaikan pukul 21.29 WITA.
Lantai 3 Asrama DHBS Kota Bontang.
Kalimantan Timur, 29 Juli 2014/ 2 Syawal 1435 H.

Senin, 28 Juli 2014

Menuju DHBS Kota Bontang Kalimantan Timur


1. Embun pagi masih tampak basah, barang-barang yang kiranya diperlukan sudah aku tata rapi di tas ranselku. Motor pun sudah aku persiapkan, Jalan Kaliurang Km 14, menuju Bandara Internasional Adisucipto.Tiket gratis itu selalu aku ingat, bahwa pukul 07.45 WIB flight menuju Bandara Sepinggan, Balikpapan Kalimantan Timur.

2. Sampai di Bandara Adisucipto, motor beserta surat-surat aku serahkan penuh pada yang mengantarkanku, mas Oki. Check in, kemudian airport take, tidak pakai duduk di ruang tunggu, aku langsung dipersilahkan menuju pesawat, hmm untung tidak telat, benar-benar waktu yang pas, alhamdulillah.

3. Selamat tinggal Jogja. Kurang lebih perjalanan 1 jam 45 menit, dan akhirnya aku tiba di Balikpapan pukul 10.38 WITA, Ahad, 22 Juni 2014. Waktu WITA lebih cepat 1 jam dibandingkan WIB. Inilah kali pertamanya aku langkahkan kaki dan hati ini ke Pulau Kalimantan, semoga berkah.

4. Di pintu keluar aku sudah ditunggu oleh Pak Endang, Pak Andre, Pak Danu beserta sebagian teman-teman yang lebih dahulu datang. Teman-teman saat itu berasal Makasar, Palopo, Surabaya, Bandung, Bekasi, Garut, Palembang. Dimana aku sedikit demi sedikit mencoba untuk menghafal nama-nama mereka.

5. Keluar dari Bandara kami makan di rumah makan Padang, hingga pukul 13.00 WITA baru melanjutkan perjalanan. Kewajiban sholat dzuhur dan ashar kami tunaikan waktu di waktu ashar di Islamic Centre Kota Samarinda. Waroeng Tegal pun kami singgahi. Dan akhirnya pukul 21.00 WITA baru tiba di Kota Bontang. Saat itu singgah di sebuah warung makan, acara makan-makan disertai perkenalan bersama sesepuh-sesepuh DHBS yang telah menunggu sebelumnya di warung tersebut. Sungguh perjalanan yang sangat melelahkan, karena banyak berhenti kali ya.

6. Hingga kurang lebih pukul 12.00 WITA kami baru bisa berehat di kamar asrama yang mana para siswa saat itu masih dalam kondisi libur.

7. Selamat datang Kota Bontang, selamat datang DHBS*. Bantu aku untuk betah di sini, semoga penuh keberkahan dan dalam ridha Allah SWT. Aamiin.

*daarul hikmah boarding school

Diselesaikan pukul 22.05 WITA.
Lantai 3 Asrama DHBS Kota Bontang.
Kalimantan Timur, 28 Juli 2014/ 1 Syawal 1435 H
/ 1 Bulan lebih aku di sini.